Tips dan Trik Merawat Ban Mobil Agar lebih Awet

Tips dan Trik Merawat Ban Mobil Agar lebih Awet, Peran ban sangat vital bagi setiap kendaraan. Ban menjadi satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan dengan permukaan lintasan (aspal). Untuk itu dibutuhkan perawatan khusus.

 

Tips dan Trik Merawat Ban Mobil Agar lebih Awet
Tips dan Trik Merawat Ban Mobil Agar lebih Awet

Jika ban tidak dirawat dengan baik dan benar, justru akan membuat usia ban tersebut semakin singkat.

Tips khusus untuk merawat ban agar lebih awet.

1. Pastikan ban yang digunakan sesuai dengan velg pada kendaraan.

2. Perhatikan tekanan angin. Karena tekanan angin merupakan nyawa dari mobil dan roda itu sendiri. Pengecekan tekanan angin ban dapat dilakukan minimal satu bulan sekali.

3. Kondisi ban yang digunakan harus sering dilihat kondisinya, apakah ada cacat pada ban tersebut.

4. Jangan membiarkan ban melewati batas keausan pada garis di ban. Dengan kondisi seperti itu ban tidak dapat membuang air dengan baik dan terjadi efek hydroplaning (ban depan sulit dikendalikan saat melewati genangan air). Ban dikategorikan memiliki daya buang air sebesar 50 liter per detik dalam kecepatan 60 km per jam.

5. Sebaiknya lakukan balancing dan spooring ban secara rutin kepada yang ahli dalam merotasi ban. Jika ban tidak seimbang, dapat merusak komponen lain seperti suspensi laterol rod dan ball joint. Hal ini juga untuk memperhatikan tingkat keausan roda. Itu dilakukan agar dapat mengurangi tingkat kebisingan kabin.

6. Bila memungkinkan, gunakan angin nitrogen untuk membuat umur ban lebih awet. Karena titik didih nitrogen sangat rendah sehingga ban tidak mudah panas. Sebagai perbandingan, bila angin biasa dengan nitrogen melewati jalan di daerah yang panas, angin biasa mengalami kenaikan tekanan angin 5 psi, sedangkan angin nitrogen tetap normal.

7. Rute jalan juga menentukan tingkat keausan ban. Ban yang melewati karakter aspal atau jalan yang halus, akan membuat tingkat keausan ban lebih baik. Karena bila ban sering mengalami benturan, akan menimbulkan benjolan yang membuat umur ban tersebut tergolong singkat.

8. Meskipun Anda sudah membeli ban yang terbaik untuk mobil Anda, ban tetap akan jadi cepat aus jika Anda membiarkannya melewati lubang dalam di jalan. Selain bisa membuat shockbreaker Anda boros oli, ban mobil Anda akan jadi tidak balance. Jika Anda memang masih bisa menghindari jalan yang banyak polisi tidurnya, maka sebaiknya pilih jalan yang lebih mulus dan tanpa halangan

9. Namanya juga karet, jika terkena panas terus-menerus, lama kelamaan akan menipis. Dengan adanya kerikil-kerikil yang terjebak di antara pola ban Anda, gesekan yang tercipta dengan aspal akan jadi semakin besar dan memperparah proses menipisnya ban. Jika kerikil akhirnya masuk terlalu dalam ke ban, nantinya akan jadi gampang kurang angin. Oleh karena itu, Anda harus menyediakan waktu khusus kira-kira 2 minggu sekali untuk membersihkan ban mobil Anda dari kerikil-kerikil jalanan.

10. Walaupun kendaraan dalam keadaan berhenti, kondisi ban yang menempel di lantai dalam waktu lama bisa membuat ketahanannya terganggu. Karena panasnya udara tidak bisa Anda perkirakan, sehingga kemungkinan memuainya jadi lebih besar. Jadi, lebih baik Anda dongkrak mobil dan menutup ban dengan kain ataupun pembungkus khusus yang bisa Anda beli di dealer langganan Anda.

Semoga tips ini berguna bagi Anda untuk menghemat budget perawatan mobil.

 

About Sales Honda Sumber

Kami adalah Customer Care Hondasumber.com ~ Dealer Resmi Mobil Honda untuk Melayani Cabang Purwokerto, Cilacap, Majenang dan Purbalingga, yang bertugas melakukan Penjualan dan Melayani Penuh Konsumen Akan Informasi Produk, Simulasi Kredit beserta Promosi Pembelian.

Check Also

Merawat busi mobil

Merawat Busi Mobil

Merawat Busi Mobil Dan Membersihkan Busi Kendaraan Dengan Benar yang jarang diketahui masyarakat. Busi Mobil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.